Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini
Sebagaimana yang kita
ketahui perkembangan teknologi itu memang semakin berkembang pesat, seluruh
pekerjaan dapat terselesaikan dengan mudah dengan teknologi yang semakin
canggih. Contohnya dengan adanya komputer, komputer sangat
diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan komputer juga dapat membantu
siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Oleh karena perkembangan teknologi saat ini
semakin canggih maka siswa perlu mengetahui bagaimana cara pemakaian komputer.
Karena dengan adanya komputer dan jaringan internet dapat memudahkan anak dalam
belajar dan memahami pelajaran sebab anak dapat mengakses materi pelajaran yang
menarik didalamnya.
Menurut analisa Dr.
Glenn Doman dimana dalam bukunya yang berjudul How to Multiply Your Child’s
Intelligence menyatakan bahwa : ‘Semua bayi dalam perkembangan berikutnya akan
ditentukan pada usia enam tahun pertama dari hidupnya.” Dalam penelitiannya,
Doman menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia 1 sampai 6
tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka. Pengajaran
yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan
yang akan mereka miliki di masa mendatang.
Berdasarkan atas
penemuan di atas, bahwa penting bagi kita sebagai calon guru untuk
memperkenalkan anak-anak kepada komputer ketika mereka masih dini.
Sesuai fakta bahwa
masa AUD merupakan masa yang tepat untuk mendapatkan banyak masukan dan
stimulus positif yang dapat membangkitkan kemampuan dan keahlian yang pada
akhirnya berguna bagi masa depan. Untuk itu pengenalan komputer pada
usia dini saat ini sudah diperlukan selain karena melihat perkembangan
teknologi yang semakin canggih agar anak tidak tertinggal dalam perkembangan
teknologi itu, juga pengenalan komputer sangat baik untuk anak karena
pembelajaran dengan media komputer akan melahirkan suasana yang menyenangkan
bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat
bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Oleh
sebab itu, pengenalan komputer pada usia dini sangat diperlukan.
Namun pengenalan
komputer yang diberikan kepada anak usia dini sifatnya hanyalah sebagai
pengenalan dan hiburan saja, karena pada masa AUD prinsip pembelajaran adalah
bermain sambil belajar. Jika pelajaran komputer dijadikan pelajaran yang serius
tentu mereka akan terbebani, karena mereka masih harus fokus pada pelajaran
membaca dan berhitung.
Menurut Catherine dan
Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak
peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai
pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan
hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap
mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.
Namun, mengenalkan
komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan orangtua dan guru dalam
mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua
orangtua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi
anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan
komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang
tidak bisa kita hindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Banyak manfaat yang
dapat diperoleh anak dalam pembelajaran melalui media komputer yaitu :
a. Dengan
pembelajaran melalui media komputer di Taman Kanak-kanak akan mempermudah
anak dalam mengenal dan belajar mengenai huruf, angka, warna, bentuk geometri
dan sebagainya
b. Pembelajaran melalui
komputer yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi
kecerdasan mereka, misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep
bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.
c. Pembelajaran melalui
komputer bagi anak dapat menstimulasi koordinasi mata dengan ketepatan gerak
tangan dengan belajar menggunakan mouse. Secara tidak langsung pembelajaran
melalui komputer juga membantu perkembangan motorik halus.
d. Sebagai media belajar,
komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar
mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat
menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak.
e. Meningkatkan
keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan
komputer memiliki performa akademis yang lebih baik.
f. Menstimulasi
kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, meskipun sederhana akan terasa
menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa
pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program
hanyalah imajinasinya sendiri.
g. Meningkatkan
perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan
kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi
terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan
lebih percaya diri.
Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan,
Contohnya saja jika
anak mengalami kecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer dapat memicu
anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial.
Kecanduan bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua tidak
membuat aturan terlebih dahulu. Jadi sebelum memperkenalkan anak dengan komputer
dan internet, kita harus memastikan bahwa kebiasaan berkomunikasi secara
langsung di keluarga harus berjalan dengan baik. Dan orang tua perlu membuat
kesepakatan dengan anak soal waktu bermain. Misalnya, memberikan waktu bermain
pada hari libur.
Selain itu
juga banyak hal yang dapat merugikan apabila dalam
pengaplikasikannya tidak diiringi dengan bimbingan dan nilai moral yang baik,
diantaranya adalah :
a. Melalui computer anak
dapat meniru hal-hal yang kurang baik, karena tidak adanya penyaringan
untuk anak.
b. Melalui komputer akan
dapat merusak system kerja otak karena sinar katoda yang di terima oleh
otak .
c. Melalui komputer ini
juga akan mengurangi gerak anak karena hanya terfokus duduk di depan komputer.
d. Dari segi sosialisasi
anak akan sulit berkomunikasi karena anak terbiasa berinteraksi dengan
komputer.
Salah satu cara
mengenalkan komputer kepada anak-anak taman kanak-kanak adalah dengan memasang
sebuah aplikasi game/permainan yang disukai oleh anak-anak pada usia tersebut,
dan juga sekarang sudah banyak aplikasi CD Interaktif untuk anak-anak. Banyak
bermacam-macam jenis game yang dapat kita temukan yaitu game-game dengan unsur
hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. Dalam kaitan
ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan
bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat
bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya,
anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi. Namun
tidak semua game yang ada dapat menunjang perkembangan anak. Game yang berbau
pendidikanlah yang sebaiknya kita berikan kepada anak-anak pada usia dini
tersebut, karena disamping mereka bermain, meraka juga dapat belajar komputer.
Selain itu,
pembelajaran komputer juga bisa dibuat degan tema yang dibahas di taman
kanak-kanak selama 1 tahun, sehingga pembelajaran komputer dapat diterapkan
untuk menunjang keberhasilan pendidikan anak dan membantu anak mengembangkan semua
aspek perkembangannya. Melalui media komputer, anak belajar dengan bertindak
dan mendapat banyak informasi secara integral sehingga anak mampu
mendeskripsikan pengetahuan yang diperolehnya baik melalui visual( menggambar)
maupun auditorium (bercerita).
Jadi menurut saya
pembelajaran komputer pada AUD sudah diperlukan saat sekarang ini agar anak
juga dapat menjadi generasi yang tidak tertinggal dengan kemajuan zaman, agar
anak dapat menghadapi dunia untuk kedepanya, yang semakin berkembang, dan
agar anak dapat menjadi seorang yang ilmiah dengan menemukan
teknologi-teknologi yang baru, namun hal ini dapat terwujud apabila seluruh
agen pendidik memahami akan teknologi dan kebutuhan serta perkembangan anak itu
sendiri. Dan orang tua hendaknya memahami sejauh mana anak dikenalkan dengan
komputer dan bagimanpula dengan pemahaman orang tua tentang komputer itu
sendiri, begitu juga dengan guru dan masyarakat, bagaimana anak akan bisa
memahami komputer apabila gurunya tidak mampu dalam mengaplikasikanya, dan agar
komputer itu benar-benar menjadi media yang bermanfaat bagi anak masyarakat
juga harus memahami hal-hal apa saja yang perlu dan yang tidak perlu diketahui
anak.
Dan apabila kita
melihat dari segi kemampuan ekonomi baik sekolah maupun masyarakat, masih banyak
masyarakat yang menganggap komputer adalah barag mewah yang sulit untuk
mendapatkanya, begitu juga dengan sekolah-sekolah yang kekurangan biaya dalam
melengkapi fasilitas pendidikan, dan kemampuan anak untuk mengolah komputer itu
seperti anak-anak yang ada di pedusunan.
Untuk anak usia dini yang ada dipedusunan dapat juga belajar komputer jika
guru atau pihak sekolah dapat mengusahakan kepada pemerintah daerah atau kepada
pihak yayasan untuk mendapatkan komputer. Namun, pada saat sekarang ini sudah
banyak warung internet dipedesaan, untuk masyarakat yang memerlukan. Dengan
semakin berkembangnya teknologi seperti saat sekarang ini menurut saya sudah
mudah untuk mendapatkan komputer tersebut.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus